Jual Rencong Aceh Asli dan Berkualitas


https://tokopedia.by/agila88/content/84733921Rencong adalah satu satu senjata tradisional yang berasal dari Aceh. Pembuatan rencong Aceh dengan menggunakan bahan Baku utama seperti besi putih, tandung kerbau bisa berwarna putih atau hitam dan kuningan.
Awal mula terciptanya senjata tradisional Aceh tersebut terjadi pada masa penjajahan yang dilakukan oleh Belanda sehingga masyarakat Aceh menggunakan rencong untuk melawan orang Belanda. Senjata tersebut tidak hanya diperuntukkan untuk laki-laki tetapi juga digunakan oleh perempuan seperti Cut Nyak Dhien, Pocut Bare dan tokoh- tokoh lainnya. Sejarah senjata tradisional ini dibuat karena adanya suruhan dari raja yang berkuasa saat itu kepada seorang yang pengukir besi untuk menciptakan senjata yang ampuh sehingga dapat membunuh para penjajah.
Pada zaman sekarang tempat yang jual rencong Aceh karena senjata ini tidak lagi dijadikan alat perang tetapi sebagai cenderamata atau oleh-oleh untuk para wisatawan lokal maupun asing. Rencong Aceh dijual sebagai kenang-kenangan yang proses pembuatannya juga memiliki ciri khas tersendiri. Pembuatan rencong Aceh membutuhkan waktu yang lumayan sama dan sulit apalagi jika menggunakan bahan besi putih.

Jenis rencong Aceh

Rencong sebenarnya hampir sama dengan keris panjang dengan mata pisau yang tajam. Rencong Aceh juga dijual dengan berbagai jenis misalnya rencong pudoi, rencong meucugek dan lain-lain.
1. Rencong pudoi: di tempat jual rencong Aceh, anda akan menemukan rencong dengan ganggang khas yang pendek dan juga lurus. Dengan bentuk rencong yang agak tidak sempurna ini, jenis rencong ini seringkali dianggap rencong yang belum jadi. Istilah pudoi diambil dari bentuknya yang belum sempurna.
2. Rencong Meupucok: rencong Aceh yang selanjutnya adalah rencong Meupucok. Rencong ini dibuat dari emas terutama di bagian atas gagangnya. Rencong ini umumnya untuk upacara adat atau acara kesenian lainnya. Untuk mendapatkan rencong Aceh yang satu ini, anda bisa memesan di jasa rencong Aceh. Jenis rencong ini biasa digunakan juga untuk alat perhiasan. Ukiran-ukiran ini juga biasanya membentuk bunga mawar dan bisa dipesan sesuai dengan pemakai atau pembeli rencong meupucok tersebut.
3. Rencong Meucugek: rencong Aceh dengan jenis ini pada bagian gagang dilengkapi dengan perekat dan juga berbentuk seperti panahan. Rencong ini dulu digunakan untuk Masa perang dan membunuh musuh karena istilah cugek berarti susah dilepas dan lebih mudah untuk di genggam. Awalnya bentuk meucugek memiliki makna bahwa Allah lah pemilik kehormatan yang hakiki. Rencong ini biasa disimpan di bagian pinggang sehingga maksudnya orang tersebut akan menundukkan kepalanya dan badannya.
4. Rencong Meukuree: rencong Aceh ini bisa ditemukan di tempat jual rencong Aceh, ciri khasnya terdapat berbagai macam ukiran seperti ukiran binatang atau bunga-bunga. Rencong jenis ini juga berbeda dari bentuk mata rencong.
5. Rencong hulu puntong: rencong yang satu ini memiliki keunikan dengan belati dengan kepala rencong yang terbuat dari tanduk kerbau dengan menggunakan sarung kayu

Bagian dari Rencong Aceh 

Sebelum anda membeli atau memesan rencong Aceh, anda harus mengetahui bagian-bagian dari rencong ini. Ada empat bagian utama yang ada di rencong: Pertama adalah bagian hulu rencong, sebenarnya ini adalah ganggang rencong yang berfungsi untuk menggenggam dan memegang senjata tradisional ini. Untuk pembuatan ganggang ini harus menggunakan bahan yang berkualitas sehingga kuat dan bisa tahan lama biasanya bahan utamanya adalah tanduk kerbau. Rencong tidak menggunakan kayu di zaman dulu. Tetapi untuk sekarang ada banyak rencong Aceh juga yang terbuat dari kayu bahkan gading gajah yang sudah tua. Bahan material tersebut sudah diasah hingga menjadi licin. Bagian kedua dari rencong Aceh adalah ukiran rencong yang digunakan. Terdapat hiasan-hiasan dengan berbagai macam jenis ukiran. Ukiran-ukiran yang ada di ganggang memiliki makna terdalam. Selanjutnya adalah bagian perut rencong. Sebenarnya fungsi dari perut rencong ini memiliki fungsi untuk bagian yang menekan atau pengendali dari ganggang.
Terakhir adalah ujung rencong, bagian ini yang rencong dengan bagian yang tajam dan juga terdapat batang rencong yang memiliki bentuk yang tebal dan kuat

Makna Rencong untuk Orang Aceh

Rencong Aceh adalah senjata tradisional dari Aceh karena pembuatan rencong ini tidak sembarangan. Cara pembuatannya dengan cara memilih bahan baku utama seperti besi tidak bisa dipilih secara asal-asalan. Rencong adalah senjata yang merupakan warisan budaya dan memiliki khasiat tertentu. Rencong ini biasanya disimpan di pinggangnya. Rencong juga tidak bisa dikenakan ke tubuh karena akan mengalami infeksi karena pada rencong mengandung racun. Itu yang membuat rencong ini digunakan untuk peperangan saat Aceh dahulu di jajah.
Tetapi untuk sekarang rencong Aceh digunakan sebagai benda yang unik dan menarik. Kebanyakan para pecinta benda-benda tajam dan barang antik akan membeli rencong sebagai benda yang akan disimpan dengan baik. Makna rencong secara filosofi dalam religious adalah masyarakat Aceh mempercayai ganggang rencong yang berbentuk huruf arab yang diambil dari kata Bismillah. Kata tersebut bisa dilihat dari gagangnya yang melekuk dan juga tebal di bagian siku.

Rencong asli dengan harga terjangkau dan berkualitas

Harga rencong juga beragam tergantung bagaimana kualitas besi, ukuran, bahan baku serta gang rencong itu sendiri. Rencong yang biasanya dijual di pasaran mulai dari Rp. 20.000 sampai dengan ratusan ribu untuk rencong yang berbahan dasar besi putih. Tetapi, jika Anda seorang kolektor pusaka yang sedang mencari rencong Aceh dengan bahan emas asli dan berkualitas, anda bisa langsung mengecek di link ini https://tokopedia.by/agila88/content/84733921.
Jika anda sedang mencari rencong kinatah dengan bahan dasar emas asli. Anda bisa mengecek link tersebut. Jual rencong Aceh dengan rangka yang terbuat dari bahan asli dan sesuai dengan sertifikat resmi Museum Pusaka Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Untuk anda yang suka koleksi atau ingin memberikan hadiah untuk teman atau kerabat anda, ini sangat cocok. Rencong ini adalah pusaka asli, anda bisa langsung mengklik linknya untuk mengetahui lebih jelas spesifikasi rencong Aceh tersebut.

Tempat penjual rencong Aceh

Ketika anda ingin membeli rencong yang asli dengan garansi uang kembali , jika anda ingin membeli rencong Aceh. Anda harus mengetahui tempat tersebut dan juga harus memiliki para pekerja profesional. Pastikan tempat tersebut menggunakan bahan yang asli. Anda bisa mengunjungi link ini https://tokopedia.by/agila88/content/84733921 untuk bisa mendapatkan rencong Aceh.  Dijual rencong Aceh yang asli dan sudah tua. Anda juga akan mendapatkan garansi jika rencong terbukti tidak asli. Anda akan memesan secara online dan akan dikirim ke tempat anda tinggal.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rincian Gaji di Viking River Cruise

Arti Kartu Tarot The Fool

Kisah Awalku Bisa Bekerja di Viking River Cruise

Opening Season, Masalah Kontrak dan Gajih Viking River Cruise

Syarat Mendapatkan Surat Rekomendasi Paspor Dari Disnaker

Bagaimana sih Operasional Kerja di Viking River Cruise

Organibee Detox Honey Review

Aktivitas Waiter Untuk Kerja Breakfast di Viking River Cruise

Ramuan Minyak Daun Jarak Review