Mengenal Lebih Dalam Mengenai Pusaka Rencong Aceh


https://tokopedia.by/agila88
Kamu sedang bingung mencari tempat jual rencong Aceh? Jangan risau, sebab kamu bisa menemukan jawabannya dengan membaca link, yaitu Cek rekomendasi Tokopesia. Di dalam link ini, kamu akan menemukan rekomendasi rencong Aceh asli yang mungkin sangat kamu minati. Khususnya bagi kamu yang seorang kolektor senjata-senjata tradisional Indonesia.

Namun, sebelum kamu membaca rekomendasi tempat penjualan rencong Aceh, sebenarnya apa sih rencong Aceh itu? Apa arti dan simbol dari rencong Aceh? Kemudian apa kegunaan dari senjata satu ini? Untuk mengobati rasa penasaran kamu dan mengenal lebih dalam tentang rencong Aceh, mari simak beberapa ulasan singkat berikut ini.

Sejarah Rencong Aceh

Seperti halnya yang telah sedikit disinggung sebelumnya, sesuai namanya rencong Aceh adalah sebuah senjata tradisional yang dibuat dan digunakan oleh suku Aceh sebagai senjata untuk pertahanan diri serta identitas dari suku Aceh. Tak hanya itu, rencong juga menjadi senjata adat yang biasanya digunakan untuk berbagai acara. Baik acara adat ataupun acara lain, seperti acara pernikahan, Tung Dara Bajo atau yang lebih terkenal dengan nama unduh mantu serta berbagai jenis acara lainnya.

Menurut catatan sejarah, rencong Aceh mulai muncul atau digunakan pertama kali dalam masa pemerintahan Sultan Mughayat Shah. Dalam masa pemerintahan beliau senjata tradisional khas Aceh ini diselipkan di pinggang. Senjata ini juga digunakan oleh berbagai golongan masyarakat. Baik itu sultan, ulee balang atau masyarakat umum sekalipun.

Pusaka dan Simbol Ketangguhan

Bukan hanya sebatas menjadi senjata tradisional ataupun senjata adat saja, rencong juga menjadi sebuah pusaka sekaligus simbol ketangguhan dan keberanian suku Aceh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rencong memiliki sebuah makna yang sangat dalam. Khususnya bagi warga masyarakat di Aceh.

Apalagi rencong Aceh juga sering dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis. Walaupun senjata khas dan tradisional ini telah menggunakan atribut yang modern serta menyesuaikan perkembangan jaman. Oleh karena itulah, rencong Aceh disebut juga sebagai pusaka.

Selain itu, rencong juga sering dikaitkan dengan simbol kebesaran para bangsawan dan keberanian dari para pejuang serta rakyat Aceh di kala masa peperangan dalam penjajahan dulu. Sehingga rencong Aceh juga kerap disebutkan sebagai simbol kepahlawanan masyarakat di Aceh. Hal ini tentunya dikarenakan dalam masa perjuangan setiap pejuang akan menggunakan rencong untuk melawan penjajah.

Kegunaan Rencong Aceh

Sama seperti halnya senjata pada umumnya, rencong merupakan senjata yang memiliki dua sisi mata uang. Dimana dalam satu sisi rencong adalah sutan. Sedangkan di sisi yang lain rencong merupakan setan. Ini artinya secara umum rencong memiliki dua kegunaan atau fungsi yang saling bertolak belakang ( berbeda 180° ) dan berlawanan satu sama lain. Kegunaan yang saling berlawanan tersebut, meliputi sebagai senjata pertahanan diri ketika diserang dan senjata untuk menyerang maupun melumpuhkan lawan dalam sebuah peperangan. Khususnya dalam peperangan jarak dekat. Sebab kegunaan utama dari rencong adalah menusuk dan menikam lawan, bukan menebas layaknya pedang. Sehingga dari segi fungsi rencong Aceh hampir mirip dengan fungsi keris asal Jawa.

Kendati memiliki fungsi layaknya senjata pada umumnya ( khususnya memiliki fungsi yang sama dengan keris ), namun rencong Aceh memiliki bentuk yang khas dan nilai yang berbeda di dalamnya. Rencong Aceh memiliki bentuk yang cukup unik. Dimana rencong ini memiliki bentuk yang lurus dan sedikit menekuk pada bagian ujungnya. Selain itu, rencong juga menjadi bagian dari salah satu senjata yang memiliki satu sisi yang sangat tajam dan terasah dengan baik, tidak seperti keris yang tajam dan terasah di kedua sisinya.

https://tokopedia.by/agila88/content/84733921 

Bahan Pembuatan Rencong Aceh

Selain sebagai senjata khas dan tradisional Aceh, kini rencong Aceh juga menjadi salah satu souvenir khas dari Aceh yang bisa kamu gunakan sebagai kenang-kenangan dan bukti real bahwa kamu pernah menginjakkan kaki di Serambi Mekkah. Sehingga, bukan hal aneh bila kini kamu bisa menemukan tempat jual rencong Aceh dengan mudah. Akan tetapi sebelum kamu memutuskan membeli rencong Aceh, alangkah baiknya bila kamu mengetahui apa saja bahan pembuatan rencong. Sebab rencong terbuat dari berbagai jenis bahan dan kualitas serta jenis bahan inilah yang menjadi salah satu tolak ukur mahal tidaknya harga dari rencong.

Secara umum ada empat bahan yang digunakan untuk membuat senjata tradisional khas Aceh ini. Keempat bahan tersebut, meliputi perak, besi putih, kayu dan gading. Namun khusus rencong yang dibuat bagi sultan Aceh terbuat dari emas yang diukir dengan ayat dari Al Qur’an disisi senjata tersebut. Kini senjata alias rencong emas milik sultan Aceh telah di simpan di museum. Sehingga bila kamu ingin melihat rencong emas sultan Aceh kamu bisa langsung datang ke museum sejarah Aceh.
https://tokopedia.by/agila88

Jenis-jenis Rencong Aceh

Berdasarkan sejarahnya rencong terdiri dari beberapa tingkatan. Umumnya rencong Aceh akan terbagi ke dalam dua jenis tingkatan. Ada rencong raja atau sultan yang memiliki sarung dari gading serta belati yang terbuat dari emas murni ( layaknya yang telah dibahas sebelumnya ). Kemudian ada rencong untuk masyarakat biasa. Dimana rencong ini memiliki sarung yang terbuat dari kayu atau tanduk kerbau. Sedangkan belatinya sendiri terbuat dari besi putih atau kuningan. Sangat jauh berbeda, bukan?

Namun ternyata tak hanya itu, rencong Aceh juga terbagi dalam beberapa jenis rencong yang terdiri dari :

Rencong Meucugek
Salah satu jenis rencong yang memiliki ganggang berbentuk perekat serta penahan. Dalam istilah yang ada di Aceh ganggang dengan bentuk penahan ini disebut cugek. Dimana cugek sendiri memiliki arti mudah dipegang dan tidak mudah dilepaskan ketika menikam lawan. Oleh karenanya rencong ini diberi nama rencong meucugek.

Rencong Pudoi
Rencong pudoi memberikan kesan seperti sebuah rencong yang belum sempurna. Hal ini dikarenakan rencong pudoi memiliki ganggang yang pendek dan berbentuk lurus. Jauh berbeda dengan rencong pada umumnya.

Rencong Meukuree
Rencong meukuree merupakan salah satu jenis rencong Aceh yang memiliki ciri khas tersendiri. Dimana pada mata rencong umumnya diberi gambar-gambar unik. Seperti halnya naga, ular, lipan, bunga dan lain sebagainya. Gambar-gambar ini ditafsirkan sebagai keistimewaan dan kelebihan dari rencong meukuree. Selain itu, banyak yang percaya bahwa semakin lama menyimpan rencong jenis ini, maka akan semakin banyak kuree atau kekuatan magis yang menaungi rencong ini. 

Rencong Meupucok
Jenis rencong yang selanjutnya adalah rencong meupucok. Berbeda dengan rencong jenis lain, rencong ini memiliki ganggang yang terbuat dari ukiran logam, biasanya terbuat dari emas. Rencong jenis ini memiliki pegangan kecil dengan ujung gagang yang semakin membesar. Umumnya rencong meupucok dipakai untuk upacara-upacara adat dan kesenian. Karena bentuknya yang berseni. Sehingga bukan hal aneh bila rencong meupucok juga menjadi salah satu rencong yang sering ditawarkan di tempat jual rencong Aceh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rincian Gaji di Viking River Cruise

Arti Kartu Tarot The Fool

Kisah Awalku Bisa Bekerja di Viking River Cruise

Opening Season, Masalah Kontrak dan Gajih Viking River Cruise

Syarat Mendapatkan Surat Rekomendasi Paspor Dari Disnaker

Bagaimana sih Operasional Kerja di Viking River Cruise

Organibee Detox Honey Review

Jual Rencong Aceh Asli dan Berkualitas

Aktivitas Waiter Untuk Kerja Breakfast di Viking River Cruise

Ramuan Minyak Daun Jarak Review