Aktivitas Waiter Untuk Kerja Breakfast di Viking River Cruise



 
Hai kali ini aku akan bercerita tentang aktivitas seorang waiter atau Chef de Rang di Viking River Cruise. Jadi untuk kalian yang hendak berangkat ke Viking River Cruise sebagai New Hire kalian wajib membaca postingan blog ini agar nanti tidak kaget setelah join,wkwkwwk. Kemarin aku sudah cerita kegiatan yang aku lakukan setelah sampai dikapal dalam satu minggu pertama,kalo kalian belum baca silakan klik link dibawah dulu sebelum lanjut.
https://www.pradnyanaagus.com/2020/05/opening-seasonmasalah-kontrak-dan-gajih.html

Karena jika diceritakan agak panjang aku akan membagi postingan kali ini dalam beberapa part.

Ok sekarang aku akan mulai bercerita kegiatan pagi saat breakfast.
Jam kerja breakfast untuk Waiter di Viking River Cruise adalah jam 06.30 am waktu Viking,kenapa aku bilang waktu Viking aja biar gampang karena kemungkinan akan ada perubahan jam ketika kapal menuju negara yang berbeda bisa 1 hour forward atau 1 hour back. Kita kerja jam 6.30 am dan breakfast buka jam 7. Jadi kita punya preparation hanya setengah jam. Oya aku juga mau kasi tau,tidak semua waiter datang jam 6.30 am, ada beberapa waiter yang kerja jam 07.00 am. Jadi kita datang kerja breakfast tepat dengan jam buka breakfast. MaitreD akan membuatkan skejul,dan ini dinamakan Late Check-In.

Untuk Preparation breakfast dibagi 5 section, sebenarnya sih restaurant team di bagi 5 section. Section adalah area kita bekerja dan masing masing sudah punya tugas dan tanggung jawab yang telah dibuat oleh MaitreD dan setiap kapal berbeda beda. Dan kali ini aku akan bercerita tentang kapal aku sebelumnya yaitu Viking River Ingvi.

Section 1

Section 1 terletak di bagian belakang restoran sebelah kiri bersebelahan dengan kitchen. Section satu ini biasa juga disebut Section Pantry yang mana punya tugas untuk preparation pantry. Section ini terletak di bagian belakang restauran dan dekat denga kitchen tapi punya kerjaan tambahan yaitu mengurus pantry yang cukup merepotkan. Jadi sebelum operasinal pantry harus lengkap,harus ada minuman seperti beer,softdrink,juice,ice tea,garnish seperti slice lemon atau lime. Waiter yang bertugas di pantry juga harus merifill minuman yang sudah diambil setelah operasional. Harus ada gelas juga. Setiap pagi sebelum breakfast buka waiter yang incharge di pantry haruslah menyiapkan kopi untuk operasional breakfast. Setiap section akan kebagian 6 coffee pot di awal. Waiter di section pantry juga harus menyiapkan orange juice satu tray. Tepat di depan pantry biasanya terdapat sebuah troley metal yang disana akan disusun gelas pada beberapa tray. Di pantry ada beberapa jenis gelas. Untuk air atau ice water kita menggunakan blue glas. juice menggunakan juice glass. Softdrink menggunakan highball glass. Dan yang akan kita prepare untuk breakfast adalah ice water yang cukup ditempatkan pada water pitcher,orange juice yang sudah dituangkan pada jus glass,dan coffee. Oya di pantry kita juga harus tetap menyediakan coffee pada termos besar,kita punya termos besar ,aku lupa apa namanya,kita menggunakan brewed coffee atau coffee bubuk. Setiap akan membuat kopi kita membutuhkan 2 brewed kopi pada termos. Jadi kita menyiapkan dan juga memantau agar termos itu tetap berisi kopi,karena nantinya ketika operasional breakfast setiap pot yang kosong waiter akan mengisinya sendiri. Untuk teh kita hanya menyiapka tea bag pada tempat yang sudah ada,dan air panas akan selalu tersedia. Kita tidak perlu membuat air panas,kita hanya membuat sekali, kita punya mesin pemanas air yang akan terus on jadi air panas akan selalu tersedia pada mesin pemanas. Dan ketika waiter mendapat order teh,mereka akan mengambil tea pot di tempat yang sudah disediakan dan membuatnya sendiri. Bagaimana dengan wine ,coktail dan spirit. Untuk wine sangatlah jarang yang memesan ketika breakfast,kalau pun ada order wine kita tinggal mengambil red wine di rak red wine,dan white wine di pantry. Spirit dan cocktail kita harus ambil ke bar di lantai 2 kalau ada order. Untuk breakfast sangat simple yaitu pantry hanya menyiapkan jus ,water dan coffee. Oya waiter di section 1 juga akan membagikan beberapa coffee pot atau pitcher ke setiap station, mungkin sekitar 8 coffee pot / pitcher per section.

Section 2

Section 2 ini terletak di depan restoran di sebelah kanan pintu masuk restorant. Section ini letaknya cukup jauh dari kitchen jadi ketika nanti harus membawa 4 piring sekaligus dan itu piring panas section ini akan menjadi cukup merepotkan untuk pemula. Untuk preparation brekfast section 2 bertugas menempatkan Butter di meja. Butter ini akan ditempatkan pada butter dish,setiap butter dish berisi 4 buah butter. Oya kita tidak perlu menyiapka butter ini,karena waiter yang incharge di buffet lah yang akan menyiapkan setelah brekfast,dan tugas section 2 hanya meletakkan di meja. Setelah semua menaruh butter selesai,selajutnya membantu waiter yang incharge di buffeet. Salah satu tugas waiter di section adalah adalah mengganti menu. Terutama menu lunch dan dinner. Karena menu akan berbeda untuk setiap harinya maka harus diganti setiap hari. Kecuali menu breakfast , menu breakfast akan tetap setiap hari. Baru setelah selesai mengganti atau memasang menu , nanti waiter di section 2 akan membantu section 3 dan 4 untuk melakukan table set up.

Section 3

Section 3 ini juga terletak di bagian depan restoran sebelah kiri. Waiter di section 3 adalah yang bertugas sebagai Set up Team. Waiter di section ini juga bertugas menyiapkan Air mineral botol untuk tamu yang akan melakukan tour atau kalau di Viking kita sebutnya Shore Excursion. Sama seperti section 2 section 3 juga menyiapkan preparation agar breakfast ready sebelum jam 7 pagi. 

Section 4

Section ini terletak di bagian belakang restoran, sangat dekat dengan kitchen . Dan merupakan section yang termudah. Sangat cocok untuk new hire. Section 4 bersama section 3 punya tugas utama sebagai set up team. Tapi section 4 juga bertugas untuk linen. Jadi setelah operasional nanti section 4 akan bertugas mengirim linen kotor ke laundry dan kembali ke restoran dengan linen bersih untuk segera melakukan set up restoran. Section 4 juga bertugas sebagai Room Service. Jadi setiap pagi section 4 selain mereka preparation untuk breakfast. Section 4 juga mengecek ke kitchen apakah ada order Room Service atau tidak. Oya untuk Room Service di Viking River hanya khusus untuk 2 kamar VIP. dan pesanan akan diambil oleh crew Front Office yang shift malam. Dan menunya itu sudah tersedia di kamar tamu atau kita biasa tau dengan istilah Door Knob Menu. Nanti crew FO yang ambil pas malam, 
dan paginya crew waiter yang kirim ke kamar tamu sesuai yang ditentukan.

Section 5

Section 5 ini adalah section yang bertugas di Bufett. Mereka bekerja ber 2. Tugas mereka full di bufett terutama saat breakfast dan lunch. sperti merefill makanan di bufett dan menjaga kebersihan bufett. Section 5 ini juga bertugas polishing cutleries. Biasanya yg tugas bufett ini adalah new hire yang belum punya pengalaman kapal sama sekali. Saat dinner Section 5 dan dibantu anak bar akan bertugas sebagai Wine dan Beverage Server. Jadi karena Dinner di Viking itu ga ada bufett dan full set menu. Makanya Section 5 akan beralih tugas sebagai Wine dan Beverage Server.

Lanjut Ke part 2 ya broo.
capek nulis nih
wkwkwk

Baca Juga , 
 
 
 
 
Bagi Kalian nih yang benar benar niat ke kapal river atau kapal pesiar. Yang mau belajar Interview tentang Kapal Pesiar bisa coba deh beli Ebook di Bawah ini. Di ebook ini kalian bisa belajar bagaimana menjalani sesi Interview yang benar, Karena jujur untuk lolos Kapal pesiar apalagi untuk posisi yang bagus itu ga mudah ya. Jadi ya silakan investasikan sedikit uang kalian. Semoga bermanfaat dan selamat belajar. Klik aja gambarnya untuk membeli. 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rincian Gaji di Viking River Cruise

Arti Kartu Tarot The Fool

Kisah Awalku Bisa Bekerja di Viking River Cruise

Opening Season, Masalah Kontrak dan Gajih Viking River Cruise

Syarat Mendapatkan Surat Rekomendasi Paspor Dari Disnaker

Bagaimana sih Operasional Kerja di Viking River Cruise

Organibee Detox Honey Review

Jual Rencong Aceh Asli dan Berkualitas

Ramuan Minyak Daun Jarak Review