Bagaimana sih Operasional Kerja di Viking River Cruise


Ok kali ini aku akan nulis blog lagi. Karena jujur masih ada yang suka nanya. Kerja di Viking itu gimana ? ya udah deh aku tinggal nulis blog lagi. Sebenarmya males sih, wkwkwk.

Jadi kali ini aku akan bahas operasional kerja Waiter atau kalau di Viking kita sebutnya Chef de Rang.

Pagi pagi bangun sekitar jam 5 pagi. kenapa jam 5 pagi. Karena kita satu kabin itu 2 orang. jadi mau ga mau harus bangun lebih awal untuk siap siap mandi. Apalagi aku termasuk orang yang proses mandinya cukup lama wkwkwk. Kalau mau sarapan silakan langsung ke Crew Mess. Oya cuma Crew Mess di Viking River itu kecil ya. Jadi jangan harap kalian bakal disediakan full breakfast. Yang ada di Crew Mess hanya sekedar roti, cereal. dan beberapa makanan dari kitchen yang di bawa turun ke crew mess. Seperti Sosis, telur goreng atau rebus, bacon. Nasi ga ada ya. wkwkwk.. sedih banget sarapan ga pakai nasi. Itu kalau masih sempet sarapan ya. Kalau udah bangun telat boro boro mau sarapan. Paling selesai mandi langsung cus ke restoran ,kerja. wkwkwk. Itulah tadi aku bilang bangun lebih awal supaya dapet sarapan. Soalnya kita bakal kerja pakai fisik. jadi sudah pasti perlu energi.

Next kerja breakfast start jam 6.30.









Baru sampai di restoran ngapain ? kita  baru sampai di restorant itu preparation. Jadi setiap waiter sudah dibagikan station dan tugas masing masing. Ada yang prepare pantry. Pantry itu sejenis mini bar. sejenis tempat penyimpanan minuman. Softdrink, jus, beer,dll. Pantry ini tugas waiter yang kerja di station 1. Mereka juga menyiapkan kopi dan teh. Kopi di tempatkan pada pitcher stainless. Yang ga tau pitcher bahasa indonesianya termos atau ceretan ya. Kopinya itu diproses di sebuah termos besar. Apa ya lupa gw namanya. Jadi sejenis kopi bubuk yg disaring. Terus di atas termos sudah mengalir air panas. Nanti kopi yang sudah jadi tinggal masuk pitcher. Pitcher yang sudah terisi kopi didistribusikan ke setiap station. Kalau ga salah setiap station kebagian 8 pitcher kopi.

Bagaimana dengan teh ? Teh kita buat jika hanya ada order. teh dibuat manual di tea pot dengan dicelupkan jenis teh yang di order tamu. Jenis teh banyak ada English Brekafast, Green Tea dll.

Bagaimana jika tamu ada spesial order seperti capucino, esresso dll. Itu kita order sama anak bar. jadi ketika ada order yg ga ada di pantry . Ya kita sebagai waiter harus inisiatif lari ke Bar. Ga jauh sih cuma beda satu tingkat aja. wkwkwk.

Next ,itu aja untuk pantry. Sekarang tugas preparation lain seperti menaruh buah diatas meja. Butter, Margarine dan juga susu diatas meja.  Dan yang paling penting adalah Buffet. Semua waiter mengambil makanan dari kitchen untuk di taruh di Buffet.

Setelah Buffet ready sekarang adalah waktunya Restoran Buka. Yess. akhirnya tamu datang. Ga usah diceritain ya ngapain aja kerja jadi waiter. Aku anggap kalian sudah tau. Brekfast Menu pasti ada donk, walaupun buffet juga ada. Karena pada menu itu ada yg bisa dipesan juga oleh tamu. Seperti Egg Benedict harus order di kitchen, ga ada di buffet. Oya di Buffet ada 1 koki yang masak . Masak telor aja sih, wkwkwk. Omlet, fried egg masih bisa dimasak di buffet . Selain itu harus order. Egg Benedict , Pancake, dll harus order di kitchen.

Next. Setelah Breakfast tutup bagaimana ? Prepare lagi buat lunch. wkwkwk. Kerja nyambung bro sehari 3x. udah kayak minum obat. jadi jangan harap ada shift shiftan. Set up lagi untuk lunch. Table clotch diganti. Set up cutlery lagi. Ganti menu lagi. Wahh banyak bro. kalau diceritain satu satu panjang. wkwkwk. 

Lunch buka sekitar jam 12 siang. Tergantung sih tamu balik dari jalan jalan keluar itu jam berapa. Biasanya jam 12 atau lewat bahkan kadang bisa lebih awal. Gimana kerja lunch? mirip mirip lah kayak kerja breakfast. Cuma kalau breakfast kan kita pasang buah tuh di meja,kalau lunch kita masang bread di meja. Butter juga tapi ga pakai susu. Sama Lunch juga ada menu dan juga ada Buffet yang dijaga 2 cook.

 

Lanjut Dinner. Dinner disini adalah kerjaan yang paling menantang untuk seorang waiter. Kok menantang ? wkwkwk. Paling capek bro. Ok langsung aja. sebelum dinner biasanya kita brieffing dulu. Dipimpin oleh Executive Chef dan Maitre D. Kita disini ngebahas menu. Dan biasnya ngebahas tentang tamu yang punya alergi tertentu. Kadang ngebahas tentang wine yang ga tersedia saat itu. Jadi ga bisa dijual. Pokoknya briefing sebelum Diner mulai. Dinner udah serasa masuk medan perang bro. wkwkwk.

Next langsung aja. Dinner ini kita dibantu sama anak bar. Jadi karena kalau malem itu bar sepi, Karena tamu tamu kalau malem semuanya pada ngumpul makan di restoran. Jadi mreka anak bar turun ke restoran sebagai bala bantuan. Ya tugas mereka biasanya keliling nawari wine. Karena di Viking ada house wine dan itu sudah include ke dinner. Jadi gratis. Kecuali tamu mau jenis wine spesifik yg ada dimenu jadi mereka harus bayar. Oya disni juga ada paket. Namanya Silver Spirit Package. Jadi ini sejenis paket tamu yang suka minum. Jadi mereka tinggal beli paket itu. Maka mereka sudah gratis selama 1 minggu . Karena paket yg mereka beli sudah khusus include ke minuman. Tapi ga semua . ada beberapa wine kelas atas yg mahal. Mereka ga bisa dapat gratis walaupun sudah beli paket. Kita sebutnya di Viking itu sebagai Tresure Wine.

Sama seperti brekfast dan Lunch. Dinner kita punya menu juga. Oya kalau dinner ga ada buffet ya. Kita full set menu kalau dinner. Itulah mengapa aku bilang tadi Dinner sudah seperti medan perang. Karena sumuanya harus diorder. Tapi masih bisa dihadle kalau kita tau cara kerjanya,dan bisa kerja sama yang baik dengan rekan satu team.

Oya di Viking River itu juga ada yang namanya Dinner Taste of. Dilakukan 1x/ Cruise. Dinner Taste of itu semacam dinner khas negara disana. Jadi misalnya kalau lagi di Austria. maka nama Dinnernya Taste of Austria. Nah disini baru kita ngadain buffet. Kalau regular dinner tanpa buffet.

Kalau dinner selesai selanjutnya apa ? Set Up lagi bro buat breakfast. Gitu aja trus tiap hari selama 9 bulan. wkwkwk. Ganti table cloth, set up cutlery, set buffet untuk breakfast. Oya setupnya masih kosongan ya. Jadi makanannya baru keluar besok pagi pas mulai kerja breakfast.

Kerja Tambahan

 

Wkwkwk. Ada kerja tambahan bro? iya bro. kerja dikapal itu capek bro. Jadi selain operasional kita juga ada loading biasanya seminngu sekali. Ada board drill juga, dan ada tea time. Dan itu ngambil jam istirahat kita. 

Jadi kalau pas loading itu semua crew kerja. Entah itu crew restoran, kitchen , houskeeping, nautic,dll. Mereka harus ikut loading. Jadi loading ini bahan makan dan lan lain dari luar kapal masuk. Untuk di gunakan selama satu cruise. Dan yang paling banyak memang baha makanan. Jadi pas loading itu kita buat barisan gitu. Bahan bahan yang masuk kapal di oper satu satu. Sampai tempat terakhir kalau bahan makan ya dioper satu satu sampai kitchen. Begitu juga dg barang lain, sesuai departemen.

Ada juga board drill atau safety drill. Nah ini yang paling mandatory. Ga peduli kalian sesibuk apa . kalau sudah Hotel Manager ngumumin board drill lewat speaker. Kalian harus segera meninggalkan kerjaan, sesibuk apapun. Kalau lagi rebahan di cabin pun harus tetap ikut board drill. Ya pokoknya yang satu ini ga boleh lewat atau kalian bakal kena sangsi.

Ada lagi nih Tea Time. Tea time ini khusus untuk Waiter aja ya. Kalau Tea Time ini ga semua waiter kena. Hanya 2 orang aja yg dipilih oleh Maitre D. Dan biasanya digilir tiap minggu. Jadi Tea Time ini semacam acara ngeteh dan nyemil utk tamu. Lokasinya di bar. jadi ada buffet kecil juga. Pada saat Tea Time Executive Chef dibantu Sous Chef akan melakukan demo masak di depan para tamu Viking. Tea Time selesai ya bongkar lagi. Balik kabin langsung kerja. wkwkwk.

Ingat kerjaan tambahan itu mengambil waktu istirahat kalian . Jadi yang seharusnya sehari istirahat 2 kali malah cuma dapat 1x. Sebenarnya ada lagi sih. Seperti tiap embarkasi anak waiter termasuk anak kitchen harus bantu hosukeeping ngeluggage. Bawain luggage tamu yang baru nyampe kapal ke kamar, juga bantu vacuum kamar tamu. Cuma kalau yang ini ga ambil jam break. Karena kalau pas embarkasi yang paling sibuk itu housekeeping. Kalau pas embarkasi breakfast udah sepi direstoran.

Apa lagi ya. Itu aja dulu deh. nanti kalau lagi mood nulis next aku bakal lanjut. byee 

Baca Juga 

Rincian Gaji di Viking River Cruise

Kisah Awalku Bisa Bekerja di Viking River Cruise

Opening Season, Masalah Kontrak dan Gajih Viking River Cruise

 

Bagi Kalian nih yang benar benar niat ke kapal river. yang mau belajar Interview tentang Kapal Pesiar bisa coba deh beli Ebook di Bawah ini. Di ebook ini kalian bisa belajar bagaimana menjalani sesi Interview yang benar, Karena jujur untuk lolos Kapal pesiar apalagi untuk posisi yang bagus itu ga mudah ya. Jadi ya silaka investasikan sedikit uang kalian. Semoga bermanfaat dan selamat belajar. 

Klik aja gambarnya untuk membeli.


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rincian Gaji di Viking River Cruise

Arti Kartu Tarot The Fool

Kisah Awalku Bisa Bekerja di Viking River Cruise

Opening Season, Masalah Kontrak dan Gajih Viking River Cruise

Syarat Mendapatkan Surat Rekomendasi Paspor Dari Disnaker

Organibee Detox Honey Review

Jual Rencong Aceh Asli dan Berkualitas

Aktivitas Waiter Untuk Kerja Breakfast di Viking River Cruise

Ramuan Minyak Daun Jarak Review