Opening Season, Masalah Kontrak dan Gajih Viking River Cruise

Setelah melalui tahap panjang dari menaruh lamaran di agen ,interview,hingga pembuatan visa, sekarang adalah waktunya berangkat ke Eropa. Tujuan keberangkatan tergantung daripada dimana nantinya port kapal sesuai kontrak kita. Kalau kapal aku sih sudah 3 kontrak port awalnya selalu di Vienna. Kalau istilahnya kita bilang Winter Harbour. Jadi sebelum kapal itu sailling,kapal akan beradi di Winter Harbour untuk proses opening,begitu juga saat closing kapal akan kembali ke Winter Harbour di end seasson.

Proses keberangkatan untuk kontrak pertamaku melalui Jakarta,jadi aku terbang dari Bandara Ngurah Rai Bali menuju bandara Soekarno Hatta Jakarta kemudian terbang ke Turki dan terakhir Vienna. Untuk kontrak ke 2 dan ke 3 aku request ke pihak agensi kalau dulu namanya Pak Pandu agar langsung berangkat dari Bali,jadi keberangkatan dari Bali kemudian ke Dubai dan terakhir mendarat di Vienna. Asal kalian tau,setiba di airport Vienna kita ga akan ada yang menjemput. Jadi saran aku kalian mencari taxi bandara, alamat port yang dituju ada di letter yang diberikan agensi, sori aku lupa namanya yang jelas ga tertera di kontrak. Kalian akan diberikan beberapa kertas selain kontrak dari agensi,dan itu jangan sampai hilang.

Saat kontrak pertama aku di bandara Turki bertemu anak anak Philipine. Jadi aku ngikut mereka. Oya aku lupa kasi tau kalo untuk kontrak pertama aku join satu kapal dengan Pak Nyoman,jadi kalo aku bingung nanti ada orang yang aku ajak diskusi. Sama seperti di bandara manapun,ketika kalian sampai di negara orang kalian akan dihadapi proses imigrasi,jadi akan ada pengecekan paspor setibanya di Vienna, tapi tenang saja pengecekan ini ga ribet kok. Setibanya di Vienna aku ,Pak Nyoman ,dan rombongan anak PL dijemput oleh bus Viking. Jadi alternatifnya gini,ketika kalian ga dijemput buz Viking atau terlalu lama nunggu lebih baik cari taxi. Iya sih kalian bayar tapi kalo kalian bergrup yang naik taxi jatuhnya lebih murah. Aku untuk kontrak ke 2 dan 3 selalu naik taxi dan hanya bayar 10 euro per orang. Tapi kalau naik bus Viking itu gratis.

Opening Season di Winter Harbour Vienna

Oya sebelum aku lupa,yang aku tulis kali ini adalah untuk yang join saat opening season. Jadi kalian akan menuju winter harbour dulu untuk opening kapal dan ikut beberapa kelas. Untuk yang join di Mid Season atau ketika kapal sudah sailing,kalian cukup ikuti alamat yang tertera pada letter.

Setelah kita sampai di Winter Harbour kita sebaiknya menuju sebuah pos untuk cek in dulu. Disana kita akan diberikan ID dan kita wajib mengenakan rompi berwarna kuning yang diberikan oleh penjaga pos. Rompi itu wajib kita kenakan ketika keluar masuk port,kalau di dalam kapal ga usah di pakai. Setelah semua urusan di pos beres jangan lupa untuk tanyakan posisi kapal. Karena di Winter Harbour itu ada banyak kapal Viking dan mereka berdempetan satu sama lain. Jadi kalau kalian ga tanya atau lupa kalian akan bingung. Ingat ini penting kalian harus tanya posisi kapal agar tidak bingung dan buang buang waktu disana.

Setelah kalian tau posisi kapal , langsung masuk kapal dan menuju reception. Di reception biasanya kalian akan bertemu Hotel Manager ,GSM atau GSA. Nah disana kalian akan menyetor kontrak ,paspor,dan medical certificate yang kalian bawa. Selanjutnya kalian akan di berikan cabin key. Untuk lokasi cabin kalian bisa tanya,soalnya kalau aku jelasin bakal panjang.

Sesampai di kabin kalian bisa urus urusan kalian,maksudnya kalian bisa rapikan barang bawaan. Oya jangan lupa untuk ketemu MaitreD untuk CDR dan ketemu Executive Chef untuk yang commis atau CDP. Jangan lupa juga update jam,tanyakan atasan kalian jam kerja kalian. Karena selama satu minggu ini sebelum operasional jam kerja masih kacau. Pengalaman aku waktu kontrak kedua setelah selasai istirahat makan aku dan Erik ,Erik adalah seorang CDP dari Jakarta. Nah kita itu telat tuh untuk bareng meeting dengan Hotman karena kita ga tau jadwal. Kita cuma baca secarik kertas di cabin yang ada program hari itu dan celakanya ada perubahan,dan alhasil kita telat dan Hotel Manager pun terlihat marah dan kitapun malu. Sebenarnya mereka sudah membuat program jadwal di sebuah kertas besar dan itu biasanya mereka pasang di lobby,jadi kita juga harus proaktif membaca jadwal. Tapi untuk kontrak ke 3 sedikit lebih mudah sih karena pengumuman selalu terdengar lewat speker yang ada di cabin,dan saat kontrak 3 aku selalu belajar pada kesalahan di kontrak sebelumnya.

Untuk makan biasanya kita makan di kapal lain,jadi tergantung program saat itu. Karena sebelum sailing biasanya hanya ada satu kapal yang dijadikan lokasi crew untuk makan,dan kita harus kluar kapal dan menuju kapal lain dan jangan lupa pakai rompi ya. Kita juga melakukan pengukuran uniform dan kali ini juga di kapal lain. Jadi sebelum kapal sailing kita akan sering keluar masuk kapal dan juga rompi harus di pakai. Dan jangan lupa cuaca di Eropa saat wimter itu dingin. Jadi jangan lupa bawa winter jaket yang tebal. Kalian juga akan medapatkan trening trening di kapal ,salah satunya adalah STAR traning. Kalo aku jelasin STAR training di sini bakal panjang,intinya kalau kalian sudah lulus dan akan berangkat kalian pasti sudah mendapat online course dari HR,disitu dijelaskan mengenai STAR training. Nah itu juga yang akan dibahas lagi di kapal. Oya online course yang kalian dapatkan dari HR harus selesai,karena jika tidak selesai pasti akan ada sanksi. Usahakan untuk selesai drumah sebelum brangkat,karena kalau kalian kerjakan di kapal kalian akan kekurangan waktu dan jaringan internet dikapal buruk. Kita juga akan melakukan loading, yaitu proses memasukan barang barang yang dibeli diluar ke dalam kapal, seperti bahan makanan minuman alkohol dll. Ini dilakukan oleh semua departemen. Termasuk nanti kita akan membuang sampah dari dalam kapal untuk dibawa ke tempat pembuangan di luar kapal. Untuk proses pembuangan sampah ini berbeda setiap kapal, kalau saat kontrak pertama semua departemen terlibat untuk membuang sampah yang ada di dalam kapal,tapi untuk kontrak ke 2 aku hanya membuang sampah restoran dengan kata lain membuang sampah masing masing departemen. Proses loading dan membuang sampah ini akan dilakukan setiap minggu, jadi kalian jangan kaget dimana waktu istirahat kalian akan diambil untuk loading dan membuang sampah dan setelah itu kembali bekerja. Untuk proses opening kapal ini biasanya satu minggu dan setelah itu kita akan bekerja normal dengan tamu di kapal. Nah sebelum tamu ini masuk kapal kita dapat kerja tambahan nih, kita akan membawa luggage tamu masuk kapal dan itu jumlahnya banyak, dan ini terjadi setiap embarkasi. Istilahnya di Viking kita bilang Luggage Duty. Oya untuk kontrak ke3 aku hanya stay 3 hari di Winter Harbour, ini dikarenakan wabah Corona jadi semua crew saat itu harus balik lagi ke rumah masing masing. Dan untungnya company memberi kompensasi sebesar 80 persen dari gaji.

Kontrak dan Gajih Viking

Oya masalah gajih, asal kalian tahu nih gajih yang akan kalian terima setiap bulan bukanlah sesuai yang tertera pada kontrak. Jadi gini, gajih yang tertera pada kontrak adalah gajih gross. Misalnya untuk gajih CDR adalah 2500 Euro maka yang diterima bukanlah 2500 Euro melainkan hanya 1900 Euro. Ini dikarenakan gajih kita itu sebenarnya dipotong lagi, untuk kabin dan makan kita itu sebenarnya bayar belum lagi untuk pensiunan dan lain lain. Nanti juga kalian juga tau. Dan satu hal kontrak kita beda dengan kontrak orang PL dan Eropa. Orang indonesia di gajih dengan Euro dan Orang PL dibayar dengan Dollar tapi rate gajih tetap sama. Untuk gajih kita sama dibayar Euro dengan Orang Eropa tapi yang membedakan adalah orang Eropa mereka mendapatkan vacation sedangkan orang Asia termasuk Indonesia dan PL tidak mendapat vacation. Kita stay di kapal sesuai kontrak, kalau di kontrak 9 bulan berarti kita stay 9 bulan. Tapi sebaliknya vacation kita dibayar dengan uang. Beda dengan orang Eropa mereka mendapat vacation di tengah kontrak. Jadi gini mereka itu bisa kerja dulu mungkin selama 2 bulan pertama dan pulang ke negara mereka selama 2 minggu dan balik lagi kekapal sesuai jadwal yang dibuat MaitreD. Orang Eropa tidak mendapat uang vacation tapi mereka tetap diuntungkan karena mereka di akhir kontrak mendapat BONUS lagi, sedangkan orang asia tidak, kita hanya mendapat tambahan uang vacation.

Next aku akan cerita tahap operasional khusus untuk CDR karena kalau bagian kitchen aku ga tau. Hari ini cukup segini dan sampai jumpa. Untuk yang kurang jelas silakan tulis komentar aku akan usaha kasi jawaban.

Baca Juga   
 
 
 
Bagi Kalian nih yang benar benar niat ke kapal river. yang mau belajar Interview tentang Kapal Pesiar bisa coba deh beli Ebook di Bawah ini. Di ebook ini kalian bisa belajar bagaimana menjalani sesi Interview yang benar, Karena jujur untuk lolos Kapal pesiar apalagi untuk posisi yang bagus itu ga mudah ya. Jadi ya silaka investasikan sedikit uang kalian. Semoga bermanfaat dan selamat belajar. 

Klik aja gambarnya untuk membeli.


 

Komentar

  1. kereeeeen banget kak, terimakasih sudah mau sharing pengalaman mahalnya, semoga kakak sehat selalu dan diberikan rizki yang melimpah. karena blog kakak aku jadi terinspirasi xoxo. Semangat selalu berkarirnya kakakkkk, love from ur new fans <3

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rincian Gaji di Viking River Cruise

Arti Kartu Tarot The Fool

Kisah Awalku Bisa Bekerja di Viking River Cruise

Syarat Mendapatkan Surat Rekomendasi Paspor Dari Disnaker

Bagaimana sih Operasional Kerja di Viking River Cruise

Organibee Detox Honey Review

Jual Rencong Aceh Asli dan Berkualitas

Aktivitas Waiter Untuk Kerja Breakfast di Viking River Cruise

Ramuan Minyak Daun Jarak Review