Jual Rencong Aceh: Tips Pilih Rencong Aceh Dengan Kualitas Terbaik


https://tokopedia.by/agila88/content/84733921
Aceh, memang salah satu provinsi yang cukup ditakuti para sekutu Belanda dulunya. Bagaimana tidak, senjata yang digunakan orang Aceh membuat koloni ketakutan dan terpaksa angkat kaki dari bumi. Yakni rencong, yang hingga kini mencetak sejarah sebagai senjata utama dalam perlawanan Aceh terhadap penjajahan. Sampai sekarang, masih banyak produsen jual rencong Aceh untuk berbagai kepentingan.

Apa Itu Rencong Aceh?

Bagi yang bukan penduduk pribumi Aceh, mungkin akan sedikit bertanya tanya mengenai rencong itu jenis senjata apa dan fungsinya. Meskipun demikian, tidak sedikit juga penduduk aceh, terlebih generasi milenial saat ini mulai melupakan rencong Aceh sebagai senjata yang pernah digunakan oleh para leluhur untuk mempertahankan tanah Aceh tercinta. 

Rencong Aceh merupakan salah satu senjata yang dimanfaatkan orang Aceh untuk mengusir penjajah pada zaman penjajahan dulu. Bentuk yang ujungnya runcing ini sangat tajam, sehingga mampu melukai siapa saja musuh di depannya. Bilah yang menjadi senjata para pahlawan Aceh, seperti Teuku Nyak Arief, Cut Nyak Dhien, hingga Cut Meutia ini berbentuk seperti tulisan Bismillah jika diperhatikan lebih lama. 

Kini, senjata yang memiliki nilai sejarah sekaligus lambang perjuangan Aceh telah menjadi tradisi dan kebudayaan orang Aceh, bahkan Indonesia. Dari zaman Kerajaan Pasai hingga Kerajaan Darussalam, bahkan sampai sekarang, kaum lelaki kerap menyematkan rencong Aceh di bagian pinggang yang dimasukkan ke dalam sarung dan gagang dibiarkan di luar. Tidak hanya itu, rencong juga sering muncul dalam acara acara penting di Aceh, seperti Tari Saman, pesta Linto Baro, dan lain sebagainya. 

Mengingat kepentingan rencong Aceh bukan lagi sebuah senjata untuk berperang. Telah menimbulkan inisiatif para produsen dan penggiat seni untuk menghadirkan rencong Aceh dalam berbagai bentuk. Mulai dari kado, buah tangan, aksesoris dan lain sebagainya. Sehingga, rencong Aceh pun kian mudah didapatkan, bahkan di luar Provinsi Aceh sekalipun

Jenis dan Macam Rencong Aceh

Dulu, mungkin akan sedikit sulit bagi seseorang untuk mencari rencong Aceh. Dimana mengingat, rencong pada zamannya hanya dimanfaatkan sebagai senjata untuk membekukan para penjajah. Akan tetapi, sekarang ini bukan lagi perkara susah bagi kita semua untuk menemukan rencong Aceh, tidak terkecuali para turis mancanegara yang ingin membawa benda unik ini sebagai kenang kenangan. 

Tidak hanya mudah dijumpai, namun rencong Aceh sendiri pun kini telah ditawarkan dalam berbagai jenis, warna, model, hingga harga yang cukup bervarian. Beberapa jenis dan macam rencong Aceh yang sering kita jumpai, ialah sebagai berikut:

1. Rencong Meupucok
Jenis pertama ada Rencong Meupucok, adalah jenis rencong yang mempunyai pucuk pada bagian atas gagangnya dan tampak lebih kecil. Biasanya, gagang rencong ini terbuat dari emas, sehingga penggunaannya pun sering pada acara resmi yang berhubungan langsung dengan perayaan adat atau pun kesenian Aceh. 

2. Rencong Meucugek
Yang kedua ada Rencong Meucugek, yaitu jenis rencong yang sedikit lain dengan rencong lainnya. Hal ini disebabkan terdapat sebuah panahan yang berbentuk unik disertai perekat pada bagian gagang rencong. Yang mana dalam bahasa Aceh bentuk panahan ini dinamakan dengan Cugek atau Meucugek. 

Keberadaan cugek ini sendiri pada dasarnya bukan tanpa tujuan, yakni supaya tidak licin, tidak mudah lepas dari tangan saat hendak menikam musuh. Dalam hal ini, orang Aceh patut diberi jempol atas kecerdasan saat membuat sebuah gagang rencong. 

3. Rencong Pudoi
Ketiga Rencong Pudoi, ialah rencong dengan gagang lebih pendek dan lurus dibandingkan dengan rencong pada umumnya. Karena posisi gagangnya yang pendek, rencong ini kerap juga dinamakan sebagai rencong belum jadi atau Pudoi dalam Bahasa Aceh. 

4. Rencong Meukuree
Terakhir ada Rencong Meukuree, yakni jenis rencong yang mata pisaunya mendapat ukiran lebih cantik dan terlihat unik. Ukiran biasanya berbentuk bunga, hewan, gambar, atau bahkan tulisan tertentu. Dulu, tulisan pada rencong bisa berupa ayat Al Quran, dengan kepercayaan orang Aceh akan Tuhan Esa dan Quran sebagai petunjuk satu satunya di permukaan bumi ini. 

Walaupun rencong Aceh adalah senjata terdahulu, namun kini bisa dengan mudah dijumpai di pasaran, secara langsung atau pun memesan melalui online. Jangan khawatir, karena yang jual rencong Aceh cukup banyak guna memudahkan para penikmat kebudayaan Aceh.

Fakta Menarik Tentang Rencong Aceh

Sama halnya dengan benda bersejarah dari daerah lain. Rencong Aceh juga memiliki fakta dan hal menarik yang perlu untuk diungkap. Beberapa di antaranya ialah sebagai berikut:
• Rencong Aceh dijadikan sebagai simbol keberanian orang Aceh dalam melawan penjajahan dan mengusirnya dari tanah Aceh.
• Rencong Aceh dihadirkan dalam berbagai jenis sesuai dengan kegunaannya.
• Rencong Aceh akan berbentuk Bismillah jika diperhatikan dengan seksama.
• Dari dulu sampai sekarang, setiap Raja atau Kesulthanan menggunakan rencong dengan bentuk menghargai para leluhur pahlawan Aceh.
• Rencong Aceh memiliki nilai sejarah cukup tinggi.
• Rencong Aceh, benda tajam kecil yang mampu menikam leher penjajah Belanda.
• Dan masih banyak lagi lainnya. 

https://tokopedia.by/agila88/content/84733921

Tips Sederhana Pilih Jasa Pembuatan Rencong Aceh Terbaik

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa ada banyak sekali para pakar, ahli dan jasa yang berusaha menawarkan rencong Aceh dengan kualitas terbaik. Terkadang, jumlah penjual yang kian banyaknya akan membuat anda kebingungan dalam menentukan penjual bermutu. Silakan simak ulasan singkat di bawah ini:

1. Temukan Penjual Terbaik
Tips pertama yaitu sebisa mungkin menemukan penjual atau produsen rencong Aceh terbaik. Baik itu pembuat atau pun hanya penjualnya saja, pastikan anda membeli maupun memesan dari orang yang tepat. Karena, kualitas rencong Aceh akan sangat ditentukan oleh penyedia rencong itu sendiri. 

2. Pastikan Membeli Rencong Aceh Bahan Berkualitas
Bahan rencong Aceh juga mesti patut jadi pertimbangan saat akan membeli maupun memesan rencong. Bagaimana pun juga, bahan berkualitas dan bagus bisa membuat rencong anda lebih tahan lama dan awet. Pastilah anda ingin memajang rencong Aceh lebih lama di dinding rumah anda, bukan? 

3. Datang Langsung ke Toko Pembuatan Rencong
Jika memungkinkan, misalnya tempat atau lokasi pembuatan rencong Aceh tidak terlalu jauh dari tempat tinggal anda. Maka, sebaiknya pergi secara langsung ke toko untuk menemukan rencong sesuai kebutuhan dan keinginan. Selain itu, pergi langsung ke tempatnya juga lebih memudahkan anda dalam melihat sendiri kualitas bahan hingga proses pembuatan rencong Aceh. 

4. Beli Online, Bukan Sebuah Kesalahan
Apakah melakukan pemesanan rencong Aceh secara online adalah sebuah kesalahan? Tentu saja bukan. Karena membelinya di Tokopedia akan sangat membantu anda menemukan rencong Aceh terbaik dengan bahan berkualitas. Dimana rencong tersebut bisa anda manfaatkan sebagai cinderamata dan kenang kenangan asal tanah Aceh. 

Melihat kegunaan rencong Aceh sebagai hiasan saat ini, telah menjadikan para jual rencong Aceh menjual benda tradisional ini dalam berbagai model, warna, hingga harga yang cukup berkompetitif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rincian Gaji di Viking River Cruise

Arti Kartu Tarot The Fool

Kisah Awalku Bisa Bekerja di Viking River Cruise

Opening Season, Masalah Kontrak dan Gajih Viking River Cruise

Syarat Mendapatkan Surat Rekomendasi Paspor Dari Disnaker

Bagaimana sih Operasional Kerja di Viking River Cruise

Organibee Detox Honey Review

Jual Rencong Aceh Asli dan Berkualitas

Aktivitas Waiter Untuk Kerja Breakfast di Viking River Cruise

Ramuan Minyak Daun Jarak Review