Mengenal Sejarah dan Serba Serbi Rencong Aceh


https://tokopedia.by/agila88/content/84733921Sebagai negara yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa yang terkenal akan keanekaragaman budaya, bahasa, serta adat istiadatnya, Indonesia sudah tentu memiliki berbagai macam senjata tradisional. Salah satu senjata tradisional yang terkenal sejak dahulu kala serta menjadi bagian perjuangan dalam melawan penjajah adalah Rencong. Rencong adalah senjata tradisional yang berasal dari Aceh. Rencong merupakan salah satu budaya yang dilestarikan secara turun temurun di Aceh. Sejak masa kerajaan Samudera Pasai dan juga kerajaan Aceh Darussalam para pria Aceh selalu membawa rencong kemana pun mereka bepergian. Salah satu tujuannya adalah untuk melindungi diri. Sekarang ini banyak sekali toko-toko yang jual rencong Aceh baik itu secara online atau pun offline. Jika sedang berlibur ke Aceh dan bingung ingin membeli cinderamata apa yang sekiranya bagus dan tidak dapat dilupakan maka Rencong Aceh bisa menjadi pilihan.

Sejarah Rencong Pada Masa Kerajaan

Meskipun tidak terlalu banyak data yang menjelaskan tentang sejarah Rencong secara detail, namun terdapat catatan tertua yang menjelaskan tentang rencong. Dalam catatan tersebut dijelaskan bahwa keberadaan rencong bermula pada era Kesultanan Aceh ke 10 (1589-1604), yang pada saat itu sultannya bernama Sultan Alauddin Riayat Syah. Sebelum wafat, sang sultan wafat, beliau memiliki cita-cita ingin mempunyai satu lagi senjata tradisional untuk ditampilkan. Namun, sebelum impian tersebut terwujud beliau sudah meninggalkan dunia ini terlebih dahulu.
Cita-cita tersebut baru terwujud ketika masa kepemimpinan Sultan Iskandar Muda (1607-1636). Beliau meminta seorang pandai besi untuk membuatkan senjata yang mengandung unsur tanah Aceh dan juga Islam. Dan akhirnya terciptalah sebilah senjata bernama rencong. Kata rencong pada awalnya adalah runcing kemudian menjadi rincung, dan kemudian yang terakhir berubah menjadi rintjong atau rencong. Pada zaman kerajaan, rencong tidak hanya dipakai oleh sang sultan saja, namun rencong juga dipakai oleh para pejuang dan rakyat biasa untuk melawan penjajah.

Jenis-Jenis Rencong

Keberadaan Rencong Aceh bukaan hanya sebagai senjata tradisional di Aceh, namun keberadaanya juga sebagai sebuah warisan budaya yang harus dilestarikan dan harus dilindungi. Ada beberapa macam Rencong Aceh. Diantaranya adalah sebagai berikut dibawah ini:

1. Rencong
Sebagai salah satu senjata yang telah ada sejak zaman kerajaan ratusan tahun yang lalu, Rencong memiliki karakteristik yang unik dan beda dari senjata-senjata tradisional lainnya. Pada umumnya rencong memiliki ukuran yang kecil tetapi memiliki bilah pisau yang sangat tajam. Karena memiliki bentuk yang kecil dan tajam maka rencong sangat praktis untuk digunakan. Rencong yang dimiliki oleh keluarga kerajaan atau para sultan pada umumnya terbuat dari emas dan gading sebagai bahan sarungnya. Hal ini tentunya sangat jauh berbeda dengan rencong yang dimiliki oleh rakyat biasa. Untuk mereka, rencong biasanya terbuat dari bahan kuningan atau besi putih dan kayu sebagai sarungnya. Jika kalian sedang liburan ke Aceh, disana kalian bisa menemukan banyak toko-toko yang jual rencong Aceh.

2. Meupucok
Meupucok merupakan salah satu rencong Aceh yang telah dimodifikasi bentuknya. Meupucok memiliki ujung atau pucuk pisau yang dihiasi oleh banyak ukiran-ukiran yang biasanya terbuat dari emas diatas gagangnya. Pada umumnya senjata yang satu ini berfungsi sebagai hiasan penting pada acara-acara adat atau pertunjukan kesenian lainnya. Biasanya meupucok mempunyai besi yang tipis, panjang, dan ujung yang runcing serta gagang senjata yang melengkung.

3. Meucugek
Identik dengan meupeucok, meucugek ini juga merupakan salah satu jenis dari senjata rencong Aceh. Meucugek ini juga merupakan salah satu rencong yang masih sering digunakan bahkan hingga sekarang ini. Kata Meucugek atau yang biasa disebut juga sebagai cugek memiliki makna perekat yaitu sebuah bahan yang digunakan untuk membuat rencong yang mana fungsinya adalah untuk memudahkan si empunya rencong untuk menikamkan rencong ke tubuh lawannya. Meucugek biasanya terbuat dari baja berwarna putih serta ujung nya sangat tajam dan efektif untuk menusuk siapapun lawannya. Meucugek memiliki gagang yang kuat dan tebal sehingga memudahkan dalam menahan tangan ketika menikam lawan.

4. Meukuree
Meukuree merupakan salah satu jenis rencong Aceh dengan nilai seni yang tinggi yaitu ditandai dengan lukisan yang indah yang terdapat di seluruh bajanya. Karakter yang biasa terdapat dalam hiasan tersebut berbentuk ular, lipan, burung, ular, dan masih banyak lagi karakter menarik lainnya. Rencong jenis Meukeree ini biasanya memiliki gagang yang kuat dan tebal dengan bentuk melengkung sehingga menambah kenyamanan bagi penggunanya. Biasanya gagang rencong jenis ini berwarna hitam. Sarung untuk meukuree ini pada umumnya terbuat dari tanduk kerbau yang kokoh dan kuat. Menarik sekali bukan? Jika kalian tertarik untuk membelinya, kalian tentu saja bisa membeli rencong Aceh langsung ke Aceh atau kalian bisa juga membeli lewat toko online atau ecommerce yang ada di Indonesia karena banyak dari mereka yang jual rencong Aceh.

5. Pudoi
Pudoi juga merupakan salah satu jenis rencong yang ada di Aceh. Rencong jenis imi tidak memiliki bentuk gagang yang sama dengan rencong meupucok, meucugek, ataupun meukuree. Pudoi memiliki pegangan biasa tanpa variasi dimana gagangnya tidak memiliki lengkungan sama sekali. Bingga saay ini rencong pudoi ini masih digunakan oleh masyarakat Aceh. Gagang pudoi beda dari jenia gagang rencong yang lain kerena bertujuan untuk mengelabuhi pemerintah Belanda pada zamab penjajahan dahulu.
https://tokopedia.by/agila88/content/84733921

Review Mengenai Rencong Aceh

Rencong Aceh merupakan salah satu senjata tradisional yang dimiliki oleh Indonesia khususnya di wilayah Aceh. Rencong Aceh adalah senjata tradisional yang memiliki bentuk unik dan menarik yang telah ada sejak zaman kerajaan ratusan tahun yang lalu. Selain bentuknya yang unik dan menarik rencong Aceh banyak diminati oleh khalayak ramai karena nilai sejarah serta nilai seni yang terdapat di dalamnya. Kini rencong Aceh menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli ketika sedang berlibur ke Aceh.
Bagi kalian yang tertarik mengoleksi benda-benda bersejarah serta benda memiliki nilai seni yang tinggi maka kalian bisa menjadikan Rencong Aceh sebagai salah satu alternatif atau pilihan. Karena bentuknya yang kecil namun syarat akan nilai seni, senjata tradisional khas Aceh yang satu ini cocok sekali dijadikan sebagai hiasan. Jika ingin membeli rencong Aceh, kalian bisa datang langsung ke Aceh. Namun, jika kalian belum ada kesempatan untuk datang langsung kesana, jangan khawatir karena sekarang sudah banyak toko online atau ecommerce yang jual rencong Aceh. Melalui ecommerce seperti Tokopedia kalian bisa memilih berbagai jenis rencong yang kalian inginkan. Atau kalian juga bisa langsung klik link berikut ini https://tokopedia.by/agila88/content/84733921 untuk melihat rekomendasi mengenai rencong Aceh. Mari kita lestarikan salah satu budaya Indonesia yaitu Rencong Aceh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rincian Gaji di Viking River Cruise

Arti Kartu Tarot The Fool

Kisah Awalku Bisa Bekerja di Viking River Cruise

Opening Season, Masalah Kontrak dan Gajih Viking River Cruise

Syarat Mendapatkan Surat Rekomendasi Paspor Dari Disnaker

Bagaimana sih Operasional Kerja di Viking River Cruise

Organibee Detox Honey Review

Jual Rencong Aceh Asli dan Berkualitas

Aktivitas Waiter Untuk Kerja Breakfast di Viking River Cruise

Ramuan Minyak Daun Jarak Review