Jenis-jenis Rencong Aceh


https://tokopedia.by/agila88/content/84733921Sudah bukan rahasia lagi apabila Indonesia terkenal dengan kekayaan alam yang melimpah ruah serta kebudayaan yang tiada habisnya. Karena ada berbagai suku bangsa di Indonesia, maka terdapat banyak pula budaya yang ada di indonesia seperti kesenian adat, rumah adat, bahasa daerah, serta senjata daerah atau pusaka daerah. Salah satu pusaka daerah yang terkenal adalah Rencong Aceh. Senjata tradisional khas Aceh ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu, dan merupakan salah satu senjata daerah yang digunakan oleh rakyat Aceh dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Sekarang ini, keberadaan rencong Aceh bukan lagi sebagai sebuah senjata untuk perang melainkan sebuah karya seni yang perlu diapresiasi dan dilestarikan keberadaanya. Jika kalian penasaran dengan rencong, kalian bisa membelinya dengan cara datang langsung ke Aceh, atau membeli nya melalui ecommerce. Dewasa ini sudah banyak ecommerce yang jual rencong Aceh seperti Tokopedia dan ecommerce lainnya.

 

Sejarah Rencong Aceh

Sebenarnya tidak terlalu banyak data yang bisa menjelaskan kapan tepatnya rencong Aceh. Namun, catatan tertua mengenai rencong Aceh menyebutkan bahwa kemunculan rencong Aceh terjadi pada awal kepemimpinan Kesultanan Aceh ke 10 (1589-1604), yang pada saat itu sultannya bernama Sultan Alauddin Riayat Syah. Sebelum wafat, beliau bercita-cita ingin mempunyai satu lagi senjata tradisional untuk ditampilkan. Namun, sebelum impian tersebut terwujud beliau sudah meninggalkan dunia ini terlebih dahulu. 

Cita-cita itu baru terwujud ketika Sultan Iskandar Muda (1607-1636) memimpin Kesultanan Aceh. Beliau meminta kepada seorang pandai besi yang sudah terbiasa membuat berbagai macam senjata untuk membuatkan sebilah senjata khusus yang memadukan unsur islam dan juga unsur adat istiadat tanah Aceh. Akhirnya terciptalah sebilah senjata yang disebut dengan nama Rencong. Kata rencong pada awalnya adalah berasal dari kata runcing kemudian berubah menjadi rincung, dan pada akhirnya berubah menjadi kata rintjing atau rencong sampai saat ini. Meskipun rencong dikenal sebagai senjata para bangsawan dan sultan, namun pada masa itu para pejuang dan rakyat biasa juga sudah menggunakan rencong sebagai senjata untuk melawan para penjajah.

 

Macam-Macam Jenis Rencong

Keberadaan Rencong Aceh bukan hanya sekedar senjata tradisional saja, namun juga sebagai salah satu warisan budaya bangsa Indonesia yang harus dilestarikan, dijaga, serta dilindungi keberadaannya. Sebenarnya, ada beberapa macam rencong Aceh yang terkenal. Berikut dibawah ini adalah beberapa jenis rencong Aceh yang perlu di ketahui. 

1. Rencong
Rencong merupakan salah satu senjata tradisional khas Aceh yang keberadaannya sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Oleh karena itu, rencong memiliki karakteristik yang unik dan beda dari senjata-senjata tradisional yang ada di Indonesia lainnya. Pada dasarnya, ukuran rencong memang terbilang kecil, namun rencong memiliki bilah pisau yang sangat tajam dan berbahaya. Karena bentuknya yang kecil ini, senjata yang satu ini sangat praktis dan efektif untuk digunakan. Rencong milik keluarga kerajaan atau sultan pada umumnya berbeda dari rencong yang dimiliki oleh rakyat biasa. Rencong milik mereka biasanya terbuat dari emas dan bahan sarungnya terbuat dari gading asli. Sedangkan rencong yang dimiliki oleh rakyat biasa umumnya terbuat dari bahan kuningan atau besi putih dan sarungnya hanya terbuat dari kayu. Jika kalian tertarik untuk memiliki rencong, kalian bisa datang langsung ke Aceh, atau melalui online shop. Sekarang ini sudah banyak online shop yang jual rencong Aceh dengan kualitas yang bagus dan harga yang terjangkau. 

2. Rencong Meupucok
Rencong Meupocok merupakan salah satu jenis rencong Aceh yang sudah mengalami modifikasi. Pada pucuk pisau rencong jenis ini terdapat berbagai ukiran-ukiran yang menghiasinya. Pada umumnya rencong jenis ini juga memiliki emas diatas gagangnya. Selain sebagai senjata, rencong meupucok juga sering digunakan sebagai hiasan dalam berbagai acara-acara adat, serta pertunjukkan seni lainnya. Pada umumnya rencong meupucok terbuat dari besi yang tipis, panjang, serta ujung yang sangat runcing. Gagang rencong meupucok ini dibuat melengkung agar memudahkan pengguna untuk memegangnya.

3. Rencong Meucugek
Salah satu jenis rencong Aceh yang terkenal lainnya adalah rencong meucugek. Rencong jenis ini masih sering digunakan sampai saat ini. Kata meucugek ini juga bisa disebut dengan kata lain yaitu cugek. Cugek sendiri memiliki arti perekat yaitu sebuah bahan yang dipakai untuk membuat rencong. Perekat ini memiliki manfaat untuk memudahkan pengguna rencong untuk menikamkan atau menusukkan rencong ke tubuh musuh atau lawannya. Rencong Meucugek ini pada umumnya terbuat dari bahan baja berwarna putih dengan ujung senjata yang sangat tajam dan runcing. Sehingga rencong meucugek ini sangat efektif ketika digunakan untuk menikam lawannya. Gagang rencong Meucugek ini memiliki struktur yang kuat sehingga semakin mempermudah sang empunya rencong untuk menahan tangannya ketika menikam lawan. 

4. Meukuree
Salah satu jenis rencong Aceh yang terkenal dengan keindahan nilai seni yang tinggi adalah rencong meukuree. Rencong jenis ini mempunyai ciri-ciri terdapat lukisan yang indah yang ada diseluruh badan rencong. Karakter yang biasanya dapat ditemukan dalam rencong meukuree adalah karakter ular, burung, lipan, bunga, dan masih banyak lagi karakter yang lain. Pada umumnya, gagang rencong meukuree memiliki ukuran yang tebal dan kuat serta memiliki bentuk yang melengkung. Hal ini agar sang pengguna rencong lebih nyaman dan mudah dalam menggenggam gagang rencong. Gagang meukuree kebanyakan berwarna hitam. Untuk sarungnya sendiri pada umumnya terbuat dari tanduk kerbau yang kokoh dan kuat. Bagaimana menurut kalian? Menarik sekali bukan? Jika kalian bingung membeli cendera mata seperti apa ketika berlibur ke Aceh, maka kalian bisa memilih rencong sebagai alternatifnya. Namun, jika kalian tidak sedang berkunjung ke Aceh, kalian tetap bisa memiliki rencong dengan cara membelinya secara online. Sekarang ini banyak sekali toko online yang jual rencong Aceh jadi kalian tidak perlu khawatir. 

5. Pudoi
Salah satu jenis rencong di Aceh lain yang tidak kalah terkenal adalah rencong Pudoi. Sedikit berbeda dengan keempat jenis rencong diatas, gagang rencong pudoi ini tidak ada lengkungannya sama sekali. Pegangannya sangat biasa dan tidak ada variasinya. Cocok banget buat kalian yang suka dengan hal-hal yang simple dan sederhana. Hingga saat ini rencong pudoi masih menjadi salah satu rencong yang digunakan oleh masyarakat Aceh. Mengapa gagang pudoi berbeda dengan gagang rencong jenis lainnya? Hal ini bertujuan untuk mengelabuhi pemerintah Belanda pada masa penjajah dahulu. 

https://tokopedia.by/agila88/content/84733921

Review Rencong Aceh

Rencong Aceh memiliki bentuk dan karakteristik yang unik dan berbeda dari senjata-senjata tradisional manapun. Rencong Aceh mengandung unsur budaya tanah Aceh serta unsur budaya Islam. Selain itu, rencong Aceh juga memiliki ukuran yang kecil namun dengan bilah pisau yang sangat tajam. Banyak orang membeli rencong Aceh bukan untuk digunakan sebagai senjata, namun sebagai cendera mata atau oleh-oleh khas Aceh. Sekarang ini, Rencong Aceh juga lebih banyak digunakan sebagai pelengkap pakaian adat serta hiasan. Jika kalian ingin membeli rencong Aceh namun kalian tidak sedang berkunjung ke Aceh, kalian bisa membelinya melalui ecommerce yang ada di Indonesia. Lebih tepatnya, kalian bisa membelinya lewat Tokopedia ,juga bisa klik langsung ke https://tokopedia.by/agila88/content/84733921 untuk melihat rekomendasi rencong Aceh
.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rincian Gaji di Viking River Cruise

Arti Kartu Tarot The Fool

Kisah Awalku Bisa Bekerja di Viking River Cruise

Opening Season, Masalah Kontrak dan Gajih Viking River Cruise

Syarat Mendapatkan Surat Rekomendasi Paspor Dari Disnaker

Bagaimana sih Operasional Kerja di Viking River Cruise

Organibee Detox Honey Review

Jual Rencong Aceh Asli dan Berkualitas

Aktivitas Waiter Untuk Kerja Breakfast di Viking River Cruise

Ramuan Minyak Daun Jarak Review